Tentang Kami

Sejarah Jaringan Kerjasama Kontak

Belajar Cek Fakta disediakan untuk siapa saja yang ingin mengetahui perkembangan dan mempelajari metode pengecekan fakta.

Sejarah

Berawal dari persoalan maraknya penyebaran mis – disinformasi di Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bekerja sama dengan Google News Initiative dan Internews menyelenggarakan serangkaian pelatihan bertajuk “Google News Initiative Training Network” bagi kalangan jurnalis. Fokus dari pelatihan ini adalah mengasah keterampilan jurnalis untuk memanfaatkan sejumlah tools di internet guna melakukan verifikasi online yang banyak beredar di dunia maya (misinformasi, disinfomasi, dan hoax).

Program yang dimulai sejak Januari 2018, kini telah mencapai 27 kota di Indonesia. Selain ditujukan untuk jurnalis, sejumlah pelatihan juga ditujukan untuk mahasiswa, akademisi dan aktivis masyarakat sipil. Selain jurnalis dan media, kini lahir sejumlah inisiatif dari masyarakat sipil seperti Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) untuk melawan penyebaran hoax dan informasi yang tidak akurat di dunia maya.

Sepanjang tahun 2018, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Internews, dan Google News Initiative telah memiliki 50 trainer, yang sudah melatih total peserta 2.572 yang terdiri dari sekitar 1.146 jurnalis di seluruh wilayah di Indonesia dalam training Cek Fakta dan Verifikasi berdurasi dua hari, serta 1.426 mahasiswa, akademisi, LSM, dan komunitas lain dalam Workhsop “Hoax Busting and Digital Hygiene”.

AJI, Google News Initiative, dan Internews memandang pentingnya program ini untuk dilanjutkan. Kesuksesan program pada tahun pertama ditambah manfaat yang dirasakan oleh peserta membuat semangat pengembangan program ini pada tahun 2019. Inilah yang kemudian melatarbelakangi dibuatnya kanal BelajarCekFakta, sebagai bagian keberlanjutan program dimasa yang akan datang dan menjangkau kalangan yang lebih luas.

Jaringan

Kami memiliki trainer dari kalangan jurnalis, akademisi, dan aktifis yang tersebar di seluruh Indonesia. Alumnus training dari kalangan jurnalis, universitas, dan NGO terkoneksi dalam melakukan kerja-kerja pengecekan fakta melalui berbagai inisiatif yang mereka buat seperti website CekFakta, Hoax and Crisis Center (HCC) Kalimantan Barat, Cyber Hoax Team Jawa Barat.

Kerjasama

Kanal Belajar Cek Fakta ini diinisiasi atas kerjasama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Google News Initiative, dan Internews.

Kami membuka peluang kerjasama kepada berbagai pihak yang tertarik untuk menyelenggarakan pelatihan Belajar Cek Fakta. Anda dapat mempelajari berbagai informasi pada laman Peluang dan Belajar, atau menghubungi kami melalui alamat pada kontak.

Kontak

AJI Indonesia 

Jl Kembang Raya No.6 Kwitang, Senen

Jakarta Pusat 

Email: sekretariat@ajiindonesia.or.id